Info

Information :: Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo.
Administrator07-Oct-2022 | Dibaca 34 kali

Diskominfo Sidoarjo Boyong Admin Call Center, Benchmarking Command Center 112 Siola Surabaya

Kominfo - Dalam rangka menciptakan Layanan Respon Cepat Sidoarjo Call Center 112 yang optimal dalam pelaksanaan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Dinas Komunikasi dan Informatika Sidoarjo mengadakan kegiatan Based Training Pelayanan Informasi Publik untuk SDM Call Center. Kegiatan ini terbagi dalam 5 kegiatan berbeda yang saling berkesinambungan. Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu Benchmarking Command Center 112 Surabaya, Rabu (5/10).

Pada acara yang dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Kominfo Sidoarjo Drs. Didik Triwahyudi, Kabid Darlog RR BPBD dan Linmas Kota Surabaya Henri Simanjuntak, Koordinator Command Center 112 Surabaya Arif Sunandar, Wakil Ketua Komisi A H. Haris, M.Si, Anggota Komisi A Ahmad Muzayyin.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Plt. Kepala Dinas Kominfo menyatakan harapannya agar Layanan Call Center 112 ini dapat menigkatkan kualitas pelayanan Pemkab Sidoarjo kepada masyarakat.

“Dalam mewujudkan komitmen peningkatan kualitas pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sudah menyediakan kanal pengaduan pelayanan publik yang lebih terintegrasi, salah satunya dengan Pelayanan Pengaduan Respon Cepat 24 Jam Sidoarjo Call Center 112. Pada kesempatan yang membahagiakan ini, saya menghimbau kepada penyelenggara pelayanan publik khususnya rekan – rekan 52 Admin OPD Call Center dapat maksimal dan memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat, melayani dari hati, insyaallah semua akan dipermudah dan diterima baik pula oleh masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Kabid Darlog RR BPBD dan Linmas Kota Surabaya menyampaikan apresiasinya terdahap rombongan Benchmarking Command Center Surabaya dari Pemkab Sidoarjo. “Pertama-tama saya ucapkan selamat datang di Kota Surabaya, dan terima kasih karena sudah disiapkan semuanya. Harusnya dari kami BPBD, tapi saya diberitahu kalau semuanya sudah disiapkan sama Diskominfo Sidoarjo,” ungkapnya.

Selain itu, Henri Simanjuntak juga menceritakan sedikit mengenai sejarah berdirinya Commad Center Surabaya. “Jadi Command Center ini sudah berdiri selama 6 tahun. Dari awal memang BPBD Surabaya yang ditunjuk oleh Bu Risma sebagai leading sector atau koordinator untuk menangani masalah kedaruratan di Surabaya. Commad Center Surabaya terdiri dari 9 OPD yang bekerja 24 jam menerima pengaduan dari warga atau bantuan apa saja dengan response time 7 menit. Command Center dibantu 7 Posko terpadu yang tersebar di 7 wilayah, Posko terpadu dibantu 19 Pos Pantau untuk mewujudkan response time 7 menit itu tadi,” ujarnya.

Arif Sunandar selaku Koordinator Command Center Surabaya menyampaikan materi mengenai Tata Kelola Manajemen Command Center 112 Surabaya. Hal tersebut meliputi sistem kerja 9 OPD gabungan dalam menangani aduan, peningkatan kapasitas petugas melalui pelatihan, serta bagaimana cara bekerja sama dengan tenaga kesehatan.

“Dalam satu shift kerja Command Center terdiri dari 19 Call Taker yang berasal dari 9 OPD dan juga memantau CCTV yan ada di Surabaya. Dinas PUBM bertugas memantau 42 pintu air pengendali banjir. Satpol PP memonitor ketertiban di Surabaya. Damkar memantau CCTV dan merespon kejadian kebakaran di 31 Kecamatan. Dishub bertugas mengedalikan lalu lintas yan dipantau melalui Sistem Intelegensi Traffict,” ungkapnya.

Selain itu, Arif mengatakan bahwa di Command Center memiliki sistem rapor untuk memantau kinerja dari Call Taker. “Di akhir bulan akan ada rapor by system yang dibuat oleh Kominfo Surabaya. Di rapor ini akan keluar berapa kali mereka terima telpon, berapa kali mereka mengabaikan telpon, berapa kali mereka mereject telpon, jadi gak bisa main-main. Di akhir bulan akan muncul warna merah raportnya itu, kuning atau hijau. Kalau sudah merah harus menghubungi command center kita ganti raport lain yang baru. Kalau kuning itu bagian saya pak, untuk memberikan pembinaan dan kalau hijau berarti bagus dan bisa terus,” ujarnya.

Para rombongan Admin OPD Call Center 112 Sidoarjo diberi kesempatan untuk berkunjung ke kantor Command Center Surabaya untuk melihat secara langsung pusat penanganan aduan di Surabaya.